Contoh Naskah Pidato Pelepasan Jemaah Haji


Pidato Acara Tasyakuran Pemberangkatan Haji
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.
Sebelumnya  marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk dapat hadir diacara pelepasan jemaah Haji warga/keluarga (Bapak/Ibu) ........ dalam keadaan sehat walafiat, tanpa ada halangan suatu apapun.
Mudah-mudahan shalawat dan serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhamad SAW, karena beliaulah yang merubah tatanan jahiliyah menuju tatanan islamiah.
Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.
Alhamdulillah pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat berkumpul dalam rangka menghadiri acara Halal bi Halal dan Pelepasan Jamaah Calon Hajiwarga/keluarga (Bapak/Ibu) ......... tahun ......... H ini.
Hadirin yang dirahmati Allah,
Di tahun ……….. H ini, warga
/keluarga (Bapak/Ibu) ......... yang akan menunaikan ibadah haji ini mudah-mudahan dijadikan haji yang mabrur.
Di bulan ini banyak saudara-saudara islam yang mampu, baik dari segi  ekonomi, maupun kesehatan, yang  diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci makah. Teriring do’a mudah-mudahan saudara-saudara kita semua yang melaksanakan haji senantiasa menjadi haji yang mabrur.
Hadirin yang dirahmati Allah,
Haji mabrur tentunya akan membuahkan berbagai macam kemanfaatan, baik bagi dirinya,keluarganya, maupun lingkungannya.
Berkaitan dengan ibadah haji ini sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam fiman-Nya:
Dan mengerjakan haji itu adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang-orang yang sanggup untuk mengerjakan perjalanan ke Baitullah.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Dalam bulan dzulhijjah tepatnya tanggal 10 ada juga perintah untuk menyembelih hewan ternak, baik berupa kambing, sapi, maupun unta. Perintah kurban ini ditujukan kepada orang-orang yang telah mampu dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Perintah menyembelih kurban ini sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam firma-Nya:
Maka kerjakanlah shalat, dan sembelihlah kurban.
Hadirin yang berbahagia, sebagai umat Islam tentu kita semuanya yang belum diberi kesempatan oleh Allah melaksananakn ibadah haji ini juga ingin melaksanakn ibdah haji sebagaimana halnya Bapak Abdau. Oleh karena itu kami yang akan melepas keberangkatan Bapak Abdau beserta Ibu ke tanah suci ini dapat memetik hikmah tasyakur haji ini, sehingga mudah-mudahan kita nantinya juga diberi kekuatan dan kemampuan melaksanakn ibadah haji sebagaimana halnya Bapak Abdau sekarang ini. Amin!

Hadirin yang mulia, sekali lagi atas nama keluarga Bapak/Ibu ........ kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas perhatian hadirin yang hadir pada malam (hari) ini. Kepada Bapak/Ibu .......... beserta Ibu, sekali lagi kami atas nama hadirin mengucapkan selamat jalan, selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur. Amin.

Akhirul kalam, Wabillahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment