Latest Updates

Contoh Naskah Pidato Tema Penebangan Liar

Contoh Teks Pidato Tema Penebangan Liar (Illegal Logging) ini Diharapkan bisa membantu kalian yang sedang mencari contoh Pidato yang berhubungan dengan penebangan liar hutan.
Assalamualaikum Wr Wb.
Teman-temanku sekalian, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan karunianya kepada kita sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini.
Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu .... yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang tentang Penebangan liar.
Teman-temanku yang saya cintai, marilah kita melihat sekitar kita, alam yang dulu begitu hijau, kini telah banyak berubah, Hutan yang dulu sering kita lihat begitu indah di kejauhan, kini telah hilang musnah entah kemana.
Teman-temanku sekalian yang saya cintai, Mungkin kini hanya tinggal cerita tentang semua itu, yang tersisa hanyalah kerusakan disana-sini. kita hanyalah generasi yang bisa menerima dampak dari kerakusan para penebang liar yang tanpa berpikir untuk menanam ulang pohon-pohon yang mereka tebang.

Beberapa kebijakan pemerintah di bidang kehutanan baik secara nasional maupun internasional dalam rangka penanggulangan kejahatan penebangan liar (Illegal logging) dikeluarkan sejak tahun 2001 tentang pemberantasan Penebangan Kayu secara illegal di kawasan hutan dan diseluruh wilayah Indonesia.
Perlunya melestarikan hutan
Hutan yang kita miliki harus dilestarikan sehingga anak cucu kita bisa menikmati hutan yang kita miliki. Kita tidak boleh memanfaatkan hutan secara sembarangan, kalau hutan yang kita miliki habis maka akan terancam bencana. Agar hutan kita tetap lestari maka kita harus melestarikannya. Usaha – usaha yang dapat kita lakukan misalnya dengan cara sebagai berikut :
1.     Menanam kembali hutan yang gundul atau dikenal dengan istilah reboisasi. Daerah – daerah yang gundul atau mengalami kekeringan akan dapat kembali hijau bila dilakukan reboisasi, yaitu dengan menanam kembali daerah yang gersang dengan menanam tanaman yang sesuai dengan kondisi hutan.
2.     Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan penebangan sistem tebang pilih, yaitu pada saat akan menebang pohon kita harus melihat terlebih dahulu ukuran yang sesuai dan mengganti dengan tanaman yang baru.
Demikianlah karakter hutan kita, hutan akan tetap lestari apabila kita mau melestarikannya. Namun, apabila kita melakukan penebangan hutan secara liar maka keberadaannya akan tidak lestari, dan anak cucu kita tidak akan bisa menikmatinya.
Teman-temanku sekalian, Demikianlah pidato singkat ini saya akhiri sampai disini, mudah-mudahan kita sebagai generasi penerus bangsa ini "WAJIB" untuk ikut melestarikan alam ini, agar kelak anak cucu kita bisa menikmatinya dan terhindar dari bencana akibat dari gundulnya hutan-hutan yang ada di negeri ini.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

1 Response to "Contoh Naskah Pidato Tema Penebangan Liar"

Semuanya hanyalah contoh singkat dan sederhana ajah, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat.
Silahkan Mengeditnya sesuai dengan keperluannya.
Jangan lupa juga "KOMENTARNYA". ;)